Selamat Datang

Mari Belajar Bersama metonomia.blogspot.com !Copyrigt@Sarwono,S.Pd.

Rabu, 18 September 2013

Contoh-RPP-Kurikulum 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : SMK Negeri 1 Purwokerto
Kelas/Semester            : X/1
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Materi Pokok/Topik    : Meneroka Alam Semesta
Pertemuan ke-             : 1-10
Alokasi Waktu            : 10 x 2 x 45 menit (20 jam pelajaran)

A. Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian,  serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar
1.      Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa. (KD 1.1)
2.   Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat anekdot mengenai permasalahan social, lingkungan, dan kebijakan publik.(KD 2.1)
3.      Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, eksposisi, dan negosiasi, baik melalui lisan maupun tulisan (KD 3.1)
4.      Membandingkan teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, eksposisi, dan negosiasi, baik melalui lisan maupun tulisan (KD 3.2)
5.      Menganalsis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, eksposisi, dan negosiasi, baik melalui lisan maupun tulisan (KD 3.3)
6.  Mengevaluasi teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, eksposisi, dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah  teks, baik melalui lisan maupun tulisan (KD 3.4)
7.        Menginterpretasi makna teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, eksposisi, dan negosiasi, baik secara lisan maupun tulisan (KD 4.1)
8.        Memproduksi teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, eksposisi, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat, baik secara lisan maupun tulisan (KD 4.2)
9.        Menyunting teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, eksposisi, dan negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks, baik secara lisan maupun tulisan (KD 4.3)


C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Menyampaikan secara lisan dan tulis kejadian sosial di masyarakat dan alam sekitar dalam teks laporan hasil observasi dengan tahapan yang benar:pertanyaan klasifikasi, deskripsi bagian, tujuan, fungsi, kegunaan, dan lain-lain.
2.      Menggunakan kohesi leksikal dan kalimat simpleks serta kompleks dalam teks laporan observasi untuk menceritakan hal atau kejadian sosial di masyarakat dan alam sekitar.
3.      Menggunakan dengan benar pemarkah spasial, penambahan, perbandingan waktu (urutan, simultan), dan pemarkah sebab-akibat sederhana dalam teks laporan observasi.
4.      Membuat kata dan kelompok kata mengenai fakta (deskripsi dan klasifikasi) dan pendapat sederhana, termasuk penggunaan modalitas yang digunakan dalam teks laporan hasil observasi.
5.      Membedakan lafal baku dan tak baku kata-kata yang berkaitan teks laporan hasil observasi.
6.      Memublikasikan teks laporan hasil observasi yang telah dibuat melalui media atau forum komunikasi yang tersedia
D. Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah proses pembelajaran, peserta didik dapat mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan dapat  menggunakannya dalam menyusun laporan observasi sesuai dengan penguasaan pemahaman kaidah dan konteks bahasa Indonesia  yang baik serta dengan sikap jujur, disiplin, dan tanggung jawab,
E. Materi Pembelajaran
Pelajaran 1
Gemar Meneroka Alam Semesta, rincian materi :
1.      Teks “Mahluk di Bumi Ini”
2.      Membedah Struktur Teks Laporan
3.      Mengamati Teks Laporan yang Ideal
4.      Memahami kalimat definisi  dalam Teks Laporan
5.      Meringkas Isi Teks Laporan
6.      Menata Struktur Teks Laporan
7.      Menanggapi Isi Teks Laporan
8.      Mengolah Data Teks Laporan
9.      Mencari Contoh Teks Laporan dari Berbagai Sumber
10.  Mengelompokkan Berbagai Jenis Minuman
11.  Memublikasikan Teks Laporan
G. Pendekatan/Metode/Model Pembelajaran
1.      Pendekatan                   : Saintifik
2.      Metode                         : Tanya jawab, Diskusi, Penugasan, Demontrasi*
3.      Model Pembelajaran     : Penemuan, Pemecahan Masalah, Proyek*
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1
1.    Pendahuluan (15 menit)
a.  Guru memberi salam dan mengecek kehadiran peserta didik serta memastikan kesiapan pembelajaran (kebersihan, kerapihan, dll.)
b.   Guru melakukan apersepsi dan meningkatkan minat baca peserta didik dengan memberikan tugas membaca buku tentang topik yang akan dipelajari.
c.    Guru memberikan pertanyaan menantang berkaitan dengan materi  yang akan disampaikan.
d. Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pelajaran yang akan dilaksanakan.
e.    Guru menjelaskan tema dan tujuan yang akan dicapai dalam materi.
f.     Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok untuk melakukan diskusi.

2.    Inti (65 menit)
Mengamati
a.    Peserta didik diberi kesempatan mengamati dan mencatat mahluk yang ditemukan atau dilihat di luar ruang kelas.
Menanya
b.    Peserta didik ditanya tentang mahluk atau benda-benda yang telah dicatat dan diamati.
c.   Peserta didik bertanya jawab dengan guru tentang perbdedaan teks dekskripsi dengan teks laporan pengamatan.
d.  Peserta didik ditanya guru apa manfaat benda-benda yang telah diamati dalam kehidupan sehari-hari kaitanya dengan rasa syukur terhadap Tuhan.
Menalar
e. Peserta didik diminta untuk membaca puisi yang berjudul “Burung-Burung Enggan Bernyanyi Lagi” dengan penuh penghayatan untuk membangkitkan minat dan membangun pengetahuan peserta didik.
f.     Peserta didik diminta untuk mengaitkan hasil pengamatan di luar kelas dengan isi puisi yang dibaca.
Mencoba
g.  Peserta didik  berkelompok untuk menemukan makna puisi yang berjudul “Burung-burung Enggan Bernyanyi Lagi”.
h.    Peserta didik menyusun komentar isi puisi dan hasil penampilan pembacaan puisi.
Jejaring
i.  Peserta didik mempresentasikan hasil komentar yang telah disusun tentang isi puisi dan penampilan pembacaan puisi “Burung-burung Enggan Bernyanyi Lagi”
j.   Kelompok lain memberikan tanggapan tentang komentar yang telah disampaikan dan menilai apakah komentar yang diberikan sudah sesuai atau belum.
3.    Penutup (10 menit)
a.    Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
b.    Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
c.    Peserta didik dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya dengan memberi tugas di rumah.

I.     Sumber/Media Pembelajaran
1.      Sumber  : Buku Teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik, Kamus Sinomim dan Antonim, KBBI
2.      Media    : LCD, Poster, Laporan Pengamatan dalam surat kabar
J. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrmen
a.    Menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengn kaidah dan konteks dalam menyusun laporan
Penilaian Observasi
Lembar penilaian sikap
b.    Memiliki sikap tanggung jawab, peduli, responsive, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat teks laporan baik melalui lisan dan tulisan dengan kreatif
1.    Penilaian observasi keinerja penulisan laporan
1.   Teks tertulis
2.   Teks penilaian kinerja
c.    Mengidentifikasi struktur dan  pembuatan laporan pengamatan dalam bahasa Indonesia baik secara lisan maupun tulisan


d.   Menyusun dengan tepat teks laporan pengamatan baik secara lisan maupun tulisan
1.    Latihan menyusun teks anekdot
1.   Lembar tugas latihan
2.   Rubrik penilaian latihan

Lampiran 1 Lembar Pengamatan
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester         : X/1
Tahun Ajaran            : 2013/2014
Waktu Pengamatan  : ……………………………………..

Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No
Nama Peserta didik
Penggunaan Diksi
Keefektifan Kalimat
Kesesuaian Konteks
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4










































Keteranngan :
1 = kurang
2 = sedang
3 = baik 
4    = sangat baik






Lampiran 2: Lembar Pengamatan
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester         : X/1
Tahun Ajaran            : 2013/2014
Waktu Pengamatan  : ……………………………………..
Indikator perkembangan karakter kreatif, komunikatif, dan kerja keras dan tanggung jawab.
1.  BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha  sungguh-sungguh dalam melaksanakan tugas.
2. MT (mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten.
3.  MB (mulai berkembang) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten.
4.     MK (membudaya) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten.

Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai pengamatan.

No
Nama Peserta didik
Kreatif
Komunikatif
Kerja Keras
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.













2.













3.













4.













5.













6.













7.













8.













9.













10.














Pedoman Penskoran
Aspek
Skor
Peserta didik menjawab pertanyaan benar dengan alas an benar
3
Peserta didik menjawa pertanyaan benar tapi tidak didukung oleh alasan benar
2
Peserta didik menjawab pertanyaan salah
1
Skor maksimal
6

Soal nomor 2 dan 3
Rubrik penilaian


                                                                                    Purwokerto,     Agustus 2013
                                                                                    Guru Pengampu,





                                                                                    Sarwono, S.Pd.
                                                                                    NIP 19691008 200801 1 012
 

Tidak ada komentar:

sekilas info

Spiderman