Tiga model pembelajaran yang sekarang ini dijadikan sebagai icon adanya langkah-langkah saintifik dalam kurikulum 2013 masih menjadi banyak pertanyaan para guru. Ada beberapa penyebab kesimpangsiuran esensi kurikulum belum sampai kepada para guru. Pertama, kemampuan narasumber pada awal sosialisasi kurikulum 2013 belum sesuai dengan apa yang dimaksud dalam kurikulum tersebut. Masih banyak pertanyaan dalam pelatihan kurikulum belum bisa dijawab secara tepat oleh narasumber pelatihan. Ini cukup beralasan karena para narasumber yang mengisi pelatihan juga belum lama dalam memperoleh materi pelatihan sebelumnya. Kedua, waktu yang digunakan untuk implementasi kurikulum terkesan dipaksakan. Ada kesan lain bahwa yang penting jalan, walau ditengah perjalanan masih perlu banyak penyempurnaan.
Bagaimana model pembelajaran dan saintifik yang harus ada dalam kurikulum? Dua hal tersebut diterjemahkan oleh para guru secara beragam. Misalnya dalam menyusun langkah-langkah pembelajaran, ada yang membuat dengan urutan 5M. Ketika dalam langkah-langkah RPP sudah mengandung MENGAMATI, MENANYA, MENALAR, MENCOBA, dan MENGOMUNIKASIKAN dikatakan sudah saintifik. Sementara model yang digunakan belum tercermin dalam langkah-langkah itu. Berikut ini penulis lampirkan materi bagaimana meramu model dan saintifik dalam langkah-langkah pembelajaran. Klik di sini untuk unduh
Penulis baru memiliki satu contoh RPP yang sudah mencerminkan model dan langkah-langkah saintifik. Kili di sini untuk unduh RPP
Penulis baru memiliki satu contoh RPP yang sudah mencerminkan model dan langkah-langkah saintifik. Kili di sini untuk unduh RPP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar