Selamat Datang

Mari Belajar Bersama metonomia.blogspot.com !Copyrigt@Sarwono,S.Pd.

Senin, 25 September 2017

Problem Base Learning

Sebuah ringkasan
dari buku Teori-teori Pendidikan Dr.  Charles Anwar,  M. Pd
Model Pembelajaran dari teori Kontruktif
Menurut Richard Arends ada 2 model yang bisa dikembangkan dr pendekatan konstruktivistik: 1) problem base learning,  2) cooperative learning.  PBL pertama dikembangkan dan di implementasikzn di sekolah kedokteran di McMaster Universitas Kanada pada th 60-an.  Karakteristik PBL menurut Arends adl sbb: 1) Pembelajaran didasarkan pada pemecahan masalah,  2) Adanya keterkaitan antardisiplin,  3) Penyelidikan autentik,  4) Menghasilkan produk atau karya dan mempresentasikannya,  5) Kerjasama  dalam kelompok kerja.  Tujuan PBL menurut Hmelo-Silver sbb  1) Mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi,  2) Membangu
n keterampilan memecahkan masalah,  3) Membangun keterampilan belajar berkelanjutan,  4) Menumbuhkan kemampuan berkolaborasi,  5) Menumbuhkan  motivasi instrinsik.  Langkah-langkah PBL menurut John Dewey,  ada 6 langkah sbb: 1) Merumuskan masalah,  2) Menganalisis masalah,  3)  Merumuskan hipotesis,  4) Mengumpulkan  data,  5) Pengujian hipotesis,  6) Merumuskan rekomendasi untuk pemecahan masalah.

Tidak ada komentar:

sekilas info

Spiderman