dari buku Teori-teori Pendidikan Dr. Charles Anwar, M. Pd
Model Pembelajaran dari teori Kontruktif
Menurut Richard Arends ada 2 model yang bisa dikembangkan dr pendekatan konstruktivistik: 1) problem base learning, 2) cooperative learning. PBL pertama dikembangkan dan di implementasikzn di sekolah kedokteran di McMaster Universitas Kanada pada th 60-an. Karakteristik PBL menurut Arends adl sbb: 1) Pembelajaran didasarkan pada pemecahan masalah, 2) Adanya keterkaitan antardisiplin, 3) Penyelidikan autentik, 4) Menghasilkan produk atau karya dan mempresentasikannya, 5) Kerjasama dalam kelompok kerja. Tujuan PBL menurut Hmelo-Silver sbb 1) Mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi, 2) Membangu
n keterampilan memecahkan masalah, 3) Membangun keterampilan belajar berkelanjutan, 4) Menumbuhkan kemampuan berkolaborasi, 5) Menumbuhkan motivasi instrinsik. Langkah-langkah PBL menurut John Dewey, ada 6 langkah sbb: 1) Merumuskan masalah, 2) Menganalisis masalah, 3) Merumuskan hipotesis, 4) Mengumpulkan data, 5) Pengujian hipotesis, 6) Merumuskan rekomendasi untuk pemecahan masalah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar